Jumat, 28 Februari 2014

Growth Mindset

Salam entrepreneur,

hari ini sy mau menulis untuk tugas sy yang sy dapatkan dari UCEO. UCEO adalah pembelajaran via online yang oleh Universitas Ciputra.

Dalam minggu pertama ini, materi yang disampaikan adalah mengenai Growth Mindset. Atau pola pikir yang bertumbuh. Materi dalam minggu pertama ini dibawakan oleh Pak Ciputra sendiri dengan judul "Kenapa Kita Harus Bertumbuh", Pak Dahlan Iskan dengan judul "Mimpi dan Fokus Menjadi Pengusaha Besar", Pak Sudhamek dengan judul "All Start is Difficult", Pak Sandiaga Uno dengan judul "A New Mindset For Scaling". dan sebagai Review, Pak Antonius Tanan memberikan review dengan judul "Intentions to Growth" dan pak Nur Agustinus memberikan review dengan judul "Fixed Mindset vs Growth Mindset"

Nah, Mari kita bahas materi mereka satu persatu. mulai dari Pak Ciputra dengan judul "Kenapa Kita Harus Bertumbuh". Dalam materi ini Pak Ciputra mengungkapkan bahwa biasanya pengusaha itu tidak punya modal, dan tidak punya skill yang cukup memadai. Nah, hal ini sering terjadi di Indonesia. Sehingga harus memulai usaha dari kecil. Kalau sudah punya modal, dan skill yang cukup. yah, bisa langsung aja buat yang besar sekalian. Itulah pentingnya Scale Up. Agar usaha yang kecil tadi dapat tumbuh besar. Scale Up dapat berupa membuka perusahaan dengan bidang yang baru dibanding perusahaan lama. atau Scale Up juga dapat berupa membuka cabang baru.  Baik membuka cabang baru di dalam negeri dan menjadi perusahaan nasional, ataupun membuka cabang di luar negeri dan menjadi perusahaan internasional.


Lalu Pak Dahlan Iskan berbagi materi "Mimpi dan Fokus Menjadi Pengusaha Besar". Dalam materi ini, pak Dahlan Iskan bercerita bahwa untuk menjadi pengusaha besar, orang harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh yang benar-benar sungguh-sungguh. Karena menurut pak Dahlan Iskan, kesungguhan itu ibarat emas. ada yg 24 karat, ada yang 22 karat, ada yang 20 karat, ada yang 18 karat. ada bahkan yang ngga ada karatan sama sekali. Sama dengan kesungguhan itu, kesungguhan itu harus benar2 sungguh2. Dengan demikian maka pintu2 akan terbuka satu persatu. 1 hal yang menarik adalah pak Dahlan Iskan bercerita bahwa menjadi pengusaha itu enak sekali. Bahkan lebih enak menjadi pengusaha daripada menjadi direktur PLN. karena pengusaha itu sangat bebas dan merdeka.

Pak Sudhamek berbagi materi dengan judul "All Start is Difficult". Pak Sudhamek berbagi bahwa memulai usaha memang susah dan beresiko. Tetapi mengembangkan usaha juga tidak mudah. Mengembangkan usaha juga memiliki kompleksitas tersendiri. Di awal usaha, maka penjualan menjadi hal yang penting. Karena dari penjualan maka perusahaan mendapatkan keuntungan untuk dapat berkembang.

Pak Sandiaga Uno menyatakan bahwa Scale Up adalah urusan yang berbeda dengan Start Up. Dalam Start Up ibarat kecemplung, gaya apapun yang penting bisa ngapung. tapi Scale Up adalah urusan berbeda, banyak usaha yang tidak berkembang. Kunci Scale Up menurut Pak Sandiaga Uno adalah:
1. Mindset.
2. Comfort Zone. Banyak orang yang merasa nyaman sehingga merasa tidak perlu Scale Up.
3. Inovasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar