Kamis, 13 Maret 2014

Business Model Innovation

Minggu ini sy mempelajari tentang bussiness model Innovation atau inovasi model bisnis. nah, pertama-tama, kt harus memahami dulu apa itu model bisnis. menurut video dibawah ini dikatakan bahwa bisnis model adalah sebuah jalan untuk mengonsepkan dan memahami organisasi.
bicara mengenai organisasi, adaa sebuah konsep yang disebut intrapreneur bintang. ini berarti adalah anggota organisasi usaha skala menengah atau besar yang berperilaku entrepreneurial.

Ini berarti inovasi dalam model bisnis tidak melulu berarti inovasi dalam produk yg ditawarkan. ada 11 macam inovasi dalam model bisnis.
  1. model keuntungan
  2. jaringan
  3. struktur
  4. proses
  5. performa produk
  6. sistem produk
  7. pelayanan
  8. channel
  9. brand
  10. costumer engagement
  11. nilai (value innovation)
value innovation sendiri berarti memberikan nilai lebih kepada konsumen, untuk memberikan nilai ini, perusahaan dapat meningkatkan nilai sebuah produk, atau menurunkan biaya produksi sehingga dapat menghemat biaya.

untuk membuat sebuah inovasi dapat dilakukan dengan cara TaKuTiRu'Ko atau Tambah, Kurang, Tiru, Rubah, Kombinasi. mengubah model bisnis lama menjadi model bisnis baru dapat dilakukan dengan menambah kan sesuatu ke dalam model bisnis lama, mengurangi sesuatu, meniru dari yang sudah berhasil, merubah sesuatu dalam model bisnis lama atau kombinasi dari keempatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar