Minggu, 09 Maret 2014

Resource Management

Menurut teori "Strategi berbasis sumber daya", ada 4 hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM untuk bertumbuh yakni:
1. Pola organisasi dan administrasi yang baik
2. Perpaduan aset fisik berwujud seperti sumber daya manusia
dan alam, serta aset tidak berwujud seperti kebiasaan
berfikir kreatif (Penrose, 1995) dan keterampilan manajerial.
3. Adaptif terhadap pasar (Proses kerja dan penyesuaian yang
cepat atas tuntutan baru)

4. Budaya perusahaan

untuk menunjang keempat hal tersebut, maka diperlukan 4 sumber daya yakni Teknologi
• Kapabilitas karyawan
• Paten dan merek
• Kemampuan keuangan
• Kecanggihan pemasaran
• Pelayanan pelanggan

kelima hal tersebut digolongkan menjadi:
1. Sumber daya finansial
2. Sumber daya fisik
3. Sumber daya manusia
4. Sumber daya teknologi
5. Sumber daya reputasi organisasi

ada juga disebut teori Efuktuasi. apa itu teori efuktuasi? teori ini mengungkapkan bahwa untuk membuat sesuatu, sebaiknya dibuat berdasarkan apa yang ada. dicontohkan, seorang ibu ingin memasak soto ayam. lalu setelah mencari apa bahan-bahan yang tersedia. ternyata, bahan-bahan untuk membuat soto ayam tidak ada. kalau menurut teori efuktuasi, ketika akan memasak, seorang ibu akan melihat bahan-bahan apa yang tersedia, lalu memikirkan apa yang bisa dibuat dari bahan-bahan yang ada tersebut.

ada 5 prinsip dalam efuktuasi.
1. bird in hand
prinsip ini berbicara tentang siapa kita, apa yang bisa kita lakukan, dan siapa yang kita kenal. 

2. affordable loss
ini mengenai ejauh mana entrepreneur itu siap menanggung kerugian.

3. lemonade principle
ini adalah prinsip seperti bagaimana mengubah lemon yang kecut menjadi lemonade yang menyegarkan. Seorang entrepreneur juga harus dapat mengubah masalah menjadi peluang.

4. crazy quilt
ini berbicara tentang bagaimana menbangun network. seperti membangun kain dari kain-kain perca. Entrepreneur juga membangun network dengan orang-orang lain sehingga membentuk sinergi yang saling menguntungkan

5. Pilot In The Plane
seorang entrepreneur adalah pilot bagi perusahaannya. Seorang entrepreneur menentukan ke mana arah perusahaan tersebut.

Dalam mengembangkan sebuah usaha, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pengelolaan uang. Jangan sampai uang perusahaan dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Selain itu diperlukan fokus untuk mengembangkan usaha. 

Seorang entrepreneurship mendapat inspirasi untuk mengembangkan usahanya dari pelanggannya. Ini dapat dilakukan dengan strategi ABBA (Amati, Bertanya, Berdiskusi, Analisa). siapa objek yang di amati, ditanya, diajak berdiskusi, dan dianalisa? ya tentu saja pelanggan. karena pelanggan adalah sumber informasi, inspirasi dan inovasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar